Halo Ayah Bunda. Tahu nggak dengan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)?BISINDO merupakan bahasa isyarat yang digunakan oleh komunitas tuli untuk berkomunikasi.

Yaitu menggunakan gesture, ekspresi, preposisi dan gerakan tangannya yang menyimbolkan berbagai aktivitas benda benda dan objek objek tertentu.

baca juga : 7 Tokoh Disabilitas yang Menginspirasi Dunia!

“Tapi belum semua SLB menggunakan BISINDO untuk mengajarkan anak-anak Tuli,” kata CEO Parakerja, Rezki Achyana.

Sementara anak-anak Tuli itu berkomunikasi secara visual menggunakan BISINDO. Dan BISINDO adalah bahasa ibu dari anak-anak Tuli, yang seharusnya diberikan oleh keluarga dan institusi pendidikan sejak dini dalam meningkatkan pemahaman bahasa si anak Tuli.

baca juga : Ini Makna ‘Tangan Dilipat ke Belakang’ Saat Menu…

“Sayangnya, orang yang bisa berbahasa isyarat saat ini belum balance dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terutama di lingkungan sekolah,” lanjut Rezki Achyana.

Masih banyak guru guru SLB yang belum memahami cara berkomunikasi dengan bahasa isyarat, mengajarkan anak-anak Tuli dalam bahasa isyarat.

“Begitu juga jumlah juru bahasa isyarat minim. Seperti di Kepri, juru bahasa isyarat masih 2 orang. Begitu juga di provinsi lain juga belum tersedia,” katanya.